Kopi & Rokok: Tradisi Santri?

Adalah Abdul Ghani Nabulsi, Ulama abad 11 Hijriah. Menurut apa yang saya baca dari catatan salah seorangnya keturunannya (Dr Ratib Nabulsi) nasab Abdul Ghani Nabulsi konon berujung pada Khalifah kedua Umar bin Khatab RA melewati tokoh-tokoh yang karyanya juga pernah saya baca antara lain; Muwaffaqudin Ibnu Qudamah (W 620 H) pengarang Al Mughni dan Raudhatun Nadhir. Abdul Ghani Nabulsi lahir di Damaskus 1050 H, saya mengenalnya dari karya-karyanya yang unik, salah satunya yang pertama kali saya baca adalah tentang alat musik yaitu Idhah Dilalat fi Sima’il Alat. Nabulsi juga penyukai Traveling, catatan jalan-jalannya ia bukukan. perjalanan ngebolang itu menghasilkan karya antara lain; Al Hadhratul Unsiyah fi Rihlatil Qudsiyah (catatan perjalannya ke Baitul Maqdis), Al Haqiqah wal Majaz fi Rihlati Syam wa Masr wal Hijaz (catatan jalan-jalannya keliling Syam, Mesir dan Hijaz.

Saya membaca dua catatan perjalanan ini saat pernah iseng ngubek-ngubek data tentang jejak kaki nabi Muhammad SAW. paling tidak saya menjumpai batu yang dipercaya sebagai jejak kaki Nabi di lokasi makam Imam Syafi’i (Cairo) dan di lokasi makam Sidi Badawy (Thanta).

Abdul Ghani dengan teliti mencatatkan lokasi-lokasi jejak kaki Nabi yang ia temui di tempat lainnya, diantaranya di Masjid Qubbah Sakhrah (The Dome of the Rock) di Baitul Maqdis dan di wilayah Atsar Nabi (Cairo), ia juga mencatat menemui jejak kaki Nabi Idris juga di wilayah Baitul Maqdis. Nabulsi juga seorang pujangga, ia dikenal menyusul banyak Diwan (Antologi Puisi) diantaranya yang pernah saya baca adalah diwannya yang berjudul Khamratu Babil wa Ghinaul Balabil, syair yang membuat saya terhenyak dan berhenti sedemikian lamanya adalah

زوج القهوة للتنباك * تنجلي بين يدي النساك
وادر فنجانها لابسة * حلة سوداء كالاحلاك
بين ندمان علوم وهدى * قدرهم فوق ذرا الافلاك

Syi’ir ini dalam benak saya lebih beraroma santri penikmat kopi dan rokok. Rupanya kebiasaan merokok sambil ngopi di kalangan santri memang sudah berlangsung sedemikian lama.

AB Hikam

AB Hikam

pemarah berhati lembut, pelayan santri, sehari-hari dapat ditemui di PP Darusssalam
AB Hikam

Latest posts by AB Hikam (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *