A Ba Ja Dun

Pernah, seorang teman bertanya pada saya; apakah bahasa arab mengenal abreviasi, yaitu semacam singkatan, pemenggalan atau kontraksi kata. saya hanya menjawab; dalam pelajaran sharf dasar dikenal istilah manhut.Kurang lebihnya semacam singkatan, misalnya kalimat Bismillahirrahmanirrahim disingkat menjadi Basmalah, biasanya berupa kata yang diilhaqkan pada wazan Fa’lala semisal: Basmala, Hamdala, Hay’ala, Hawqala, Sabhala, Haylala dsb.

Bisa juga semisal الخ untuk menyingkat إلى أخره atau yang kontroversial semisal صلعم menyingkat صلى الله عليه وسلم atau yang hanya sekedar arabisasi, saya ingat pada awal ramainya penggunaan chat room di icq dan paltalk kadang muncul لول (arabisasi Lol: laugh out loud) برب (arabisasi brb: be right back, hampir saja saya membacanya birabb :P) تيت (arabisasi tyt : take your time) بريدال singkatan dari بريد الكتروني mirip padanannya dalam bahasa indonesia surel singkatan surat elektronik.

Ada pula yang hanya menggunakan satu huruf misalnya ت singkatan متوفى, atau هـ singkatan هجري atau م = ميلادي, ط = مطبوع, خ = مخطوط dsb. tentang satu huruf ini dari sudut pandang lain ada pula disiplin ilmu yang membahasnya, kini disiplin ilmu itu disebut ilmu ta’miyah, semacam ilmu tentang enkripsi data atau katakanlah kriptologi.

Mungkin salah satu bahasan ta’miyah yang kita akrabi adalah hisab jumal dimana setiap satu huruf mewakili bobot bilangan tertentu, jumlah hurf hijaiyah yang 28 mewakili bobot angka 1-1000, urutannya أبجد ،هوّز ،حطّي ،كلمن ،سعفص ،قرشت ،ثخذ ،ضظغ ada pula hisab jumal shagir dimana bobot angka yang diwakili hanya 1-9 saja, atau hisab maratib yang urutannya abjadi 1-28

AB Hikam

AB Hikam

pemarah berhati lembut, pelayan santri, sehari-hari dapat ditemui di PP Darusssalam
AB Hikam

Latest posts by AB Hikam (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *