Turats Gokil

lemari

Problema utama rak-rak buku dan kitab terbuka di rumah adalah debu, pernah beberapa kali saya bersihkan hingga akhirnya bosan sendiri saat saya kalkulasi bahwa ternyata lebih banyak waktu yang digunakan untuk membersihkan kitab dibanding memuthalaahnya, tapi karena belakangan ini kondisi kitab di rak memang sudah sangat memprihatinkan akhirnya dengan terpaksa ya dibersihkan juga pake kemoceng meski dengan malas-malasan.Saya menemukan buku favorit saya Al Mustathrof karya Absyihi (790-852 H/1388-1448 M) covernya yang hitam hampir berubah menjadi coklat. Buku ini saya ingat benar dulu saya bawa kemana-mana karena banyak kisah dan anekdotnya yang tak bosan saya baca. saya ingat dulu juga punya Mustathrof yang bukan karya Absyihi, entah saya lupa karya siapa, saya cuma ingat kalau covernya warna hijau dan isinya cerita-cerita gokil (parahhh).

Dulu, saya sempat mengoleksi banyak kitab-kitab model gini. Saya sempat tak habis fikir bagaimana Ibnul Jauzi (508-597 H) yang saya imajinasikan sebagai ulama yang agak kereng, serius dan galak karena karya-karyanya semacam Al Maudhu’at, Talbis Iblis, Shaidul Khatir dsb kok ya ternyata masih sempet-sempetnya ngumpulin anekdot gokil dan aneka kegokilan lainnya dalam Ahbarul Hamqa wal Mughoffilin.

Seorang Arab badui pernah berjamaah shalat diimami syekh yang membaca surat Al Baqarah (sapi), meski dengan ngedumel tetap ia ikut imamnya, esoknya imam yang sama membaca surat Al Fiil (Gajah), badui ini langsung ngacir, saat ditanya kenapa tidak ikut berjamaah. badui ini menjawab singkat; lah kemaren saja yang dibaca cuma sapi lamamya minta ampun, gimana kalo ini yang dibaca surat Gajah 

AB Hikam

AB Hikam

pemarah berhati lembut, pelayan santri, sehari-hari dapat ditemui di PP Darusssalam
AB Hikam

Latest posts by AB Hikam (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *